Lolita Fashion



Lolita fashion??? mungkin bagi para penyuka anime dan manga  banyak yang udah tau tentang jenis fashion ini. Secara garis besar Lolita Fashion adalah suatu cara berpakaian seperti boneka yang berasal dari jepang, dan biasanya bergaya era victoria dan rococo (CMIIW ;D) (ref: http://hellolace.net/about/the-fashion), modelnya sendiri biasanya terdiri dari rok,blouse atau dress penuh dihiasi renda dengan tambahan petticoat sebagai dalaman rok agar terlihat mengembang. Nah Lolita Fashion ini sendiri terbagi lagi dalam beberapa aliran lagi(lho?? apa tuh)
Gothic Lolita atau biasa kita kenal dengan sebutan GothLoli (ゴスロリ gosu rori, jenis lolita fashion yang paling terkenal dari semua jenis lolita fashion dimana merupakan perpaduan antara gaya gothic dan lolita, unsur warna -warna yang dipakai biasanya gelap berkisar di warna hitam, merah atau dengan sedikit tambahan warna putih. Tampil dilengkapi dengan dandanan smokey eyes dan warna warna yang berkesan gelap.(ref: http://en.wikipedia.org/wiki/Lolita_fashion). dinegara asalnya sendiri pun sudah banyak berbagai macam majalah yang menjadi acuan untuk tampil bergaya gothloli, bahakan untuk membuat baju dan acc bergaya gothloli tersebut seperti majalah Gothic Lolita Bibble dan GosuRori.
Salah satu contoh tampilan Gothloli di majalah Gothic Lolita Bibble
Gothic lolita from Gothic Lolita Bibble magazine

Sweet Lolita atau biasa dikenal dengan sebutan ama-loli (甘ロリama rori, jenis ini mengacu pada gaya lolita yang berlawanan dengan gaya Gothloli, warna-warna yang dipakai cenderung warna-warna berunsur manis dan terang seperti pink, baby blue, putih. Model pakaian penuh frill dan renda-renda supaya kelihatan manis dan cute.pakaiannya ga cuma terdiri dari warna-warna solid tetapi juga biasanya tampil dengan motif-motif yang manis, seperti buah-buahan dan bunga-bunga. Salah satu contoh tampilan sweet lolita bisa kita lihat pada foto di bawah ini.
Sweet Lolita Style from Gothrori magz edisi 14
Classic lolita, gaya lolita yang lebih dewasa dan elegan, biasanya terpengaruh pada era-era Renaissance, Elizabethan, Baroque, Rococo, Victorian, dan Edwardian. Tampilannya sendiri berada di antara kedua gaya di atas, tidak terlalu gothic dan juga tidak terlalu manis seperti sweet lolita. Biasanya yang ingin ditampilkan adalah gaya yang lebih dewasa dan elegan dengan tampilan , dress berpotongan empire dan rok berpotongan model A, kerah yang tinggi, dan tidak jarang menggunakan korset serta menggunakan kain bermotif simpel dan warna-warna natural serta lembut.
Classic Lolita from Gothrori magz edisi no.6
Punk Lolita (Lolita Punk) adalah salah satu gaya lolita yang mengadopsi unsur-unsur punk dengan tampilan yang lebih casual. model yang sangat populer di awal tahun 2000an ini banyak memakai motif-motif tartan, menggunakan stude (keling) dan rantai, rok yang tidak terlalu mengembang seperti model lolita yang lain, serta banyak bermain di skema warna merah x hitam - hitam x putih. Tetapi walaupun menggunakan rantai-rantai dan keling tetap tampil cute seperti gaya lolita lainnya tidak seperti gaya punk pada umumnya..
Punk lolita (ref: http://blckheartsuicide.blogspot.com/2011/04/what-is-lolita-is-japanese-street.html)
Karena banyaknya kreativitas, maka masih banyak lagi gaya dan tema dari tampilan lolita ini, beberapa gaya lainnya,
Princess Lolita, lebih banyak menampilkan sisi aristrokat eropa, biasanya menggunaan tiara dan  bustle pada bagian belakang rok
Princess Lolita (ref : Gosurori magz edisi no.4)

Shiro & Kuro Lolita
Shiro lolita atau White lolita tampil dengan keseluruhan/dominan warna putih, ivory atau krem sedangkan kuro atau black lolita tampil dengan keseluruhan warna hitam. Biasa pengguna style ini tampil berpasangan antara shiro dan kuro lolita. model ini bisa masuk ke dalam gaya gothic, sweet, ataupun classic.
 
Shirokuro lolita (ref: http://musdienu.zip.net/)

Ōji Lolita (Boystyle) 
 Ōji (王子?) atau  Ōji-sama (王子様?), yang artinya "pangeran / prince" berdasar pada boystyle dari lolita fashion. Terpengaruh pada gaya berpakaian anak laki-laki pada era victoria.
Ouji Lolita (ref: Gosurori vol:6)

Guro Lolita menampilkan unsur innocent broken doll di dalamnya, sepeti pada gaya lolita lainnya tetapi dengan ditambah penggunaan eye patch, perban, dan darah palsu seperti luka.

Guro Lolita (http://loveakuma.blogspot.com/2012/07/lolitas.html)

Sailor Lolita menggabungkan antara pakaian model sailor dengan lolita style, biasa menggunakan warna biru, motif garis pelaut, topi pelaut dan motif tambahan jangkar.
 
Sailor Lolita (ref: http://loveakuma.blogspot.com/2012/07/lolitas.html)

Wa Lolita
Wa rori (和ロリ?), atau Wa Lolita merupakan gabungan antara model baju tradisional Jepang dan lolita. Biasanya menggunakan kimono atau hakama yang telah dimodifikasi dipadukan dengan gaya lolita.
Wa Loli (ref: http://loveakuma.blogspot.com/2012/07/lolitas.html)

Qi Lolita
hampir sama dengan gaya lolita yang lain tetapi dengan perpaduan antara style lolita dengan baju tradisional Cina serta accessorisnya, biasanya menggunakan cheongsam yang telah dimofikasi.. -- mungkin nantinya ada gaya campuran antara pakaian tradisional indonesia dengan Lolita..(kapan ya?? ayoo bikin donkk =))

Qi Loli (ref : http://costumeholic.blogspot.com/2010/04/harajukus-lolitas.html)
dan masih banyak lagi tema-tema lolita lainnya yang bisa kita modifikasi tergantung kreativitas kita... hehehehe..

No comments: