kurumi-e a.k.a oshie story

Karya-karya kurumie ini sebenernya udahh lamaaaa bgt dibuatnya.. yang paling terakhir kira-kira 1,5 tahun yang lalu, sebagai hadiah pernikahan salah seorang sahabat.. :)

Pertama kali kenal craft yang satu ini kira-kira 8tahunan yang lalu, pas masih kuliah gitu deh.. Lagi iseng manfaatin inet gratis di kampus, searching-searching barang-barang dan pola  yang lucu (waktu itu lagi demen bgt bikin kerajinan manik dan flanel (mulai merintis usaha flanel))- eh nemu satu kerajinan yang menarik perhatian saya kala itu (maklumlah penggemar jejepangan.. hahah).. ih kok antik, cantik dan lucu ya..

Akhirnya, cari-cari info lanjutannya, dan ternyata jenis craft itu bernama kurumi-e atau oshie, bahasa lainnya lukisan yang dibungkus CMIIW,karena menggunakan busa dan karton yang kemudian dibungkus dengan kertas washi, kertas jepang yang lentur dan tidak mudah robek.. selain itu kelebihan washi ini adalah di motifnya yang cantik-cantik seperti motif kain jepang..

Akhirnya, saya pun mengikuti kursus membuat kurumi e setelah cari-cari tempat kursus washi yang bisa terjangkau tempatnya.. Alhamdulillah tempatnya mudah saya jangkau, hanya dengan menggunakan kereta dan naik angkot sebentar sudah sampai. Dan di tempat kursus itu juga saya banyak mengenal berbagai macam craft lainnya yang pada akhirnya saya ikuti juga kursusnya karena menarik dan sebagai pengisi waktu luang di hari libur kuliah, yah macem investasi ilmu lah.. hehehe.. Di lain waktu mungkin saya akan cerita tentang jenis craft yang lainnya.

Inilah hasil kurumie pertama saya, yang diselesaikan di waktu kursus, ngebingkainya tetep di tukang bingkai ya...(itu pun lama banget nemu tukang bingkai yang bisa buat bingkai 3D- yang sampai sekarang malah jadi langganan..)

Saya pun jatuh cinta dengan kerajinan yang satu ini, sampe-sampe ngiler banget ngeliat buku kurumi e di amazon. Yah maklumlah dulu saya cuma mahasiswa yang uangnya pas-pasan. jadi cuma sekadar berharap dan bermimpi bisa beli buku kurumi e tersebut tapi apa daya ga ada dananya. Alhamdulillah dari hasil nyisihin uang hasil ngecraft beberapa tahun kemudian lengkap sudah koleksi 4 buku kurumie yang tadinya hanya angan belaka.

Karena buat kurumie ini membutuhkan konsen yang lumayan, jadinya cuma pas di kerjain di waktu yang bener2 nyantai (buat saya hehe)-- jadinya baru sedikit hasil kurumie yang saya buat. Di bawah ini beberapa kurumie yang sudah saya buat.

Tanabata Kurumie



Tertarik juga untuk belajar???

No comments: